waktu tidur anak paling ideal Dan Paling Baik Sesuai Usia

Anak menjadi prioritas utama dalam sebuah keluarga, terlebih jika itu anak pertama. Seakan tidak ingin memiliki kesalahan sedikitpun terhadap perawatan anak, maka waktu tidur anak pun harus kamu perhatikan. Beda usia beda waktu yang dibutuhkan anak untuk istirahat, maka kamu harus mengetahui hal ini agar tidak terjadi kesalahan.

Lamanya Waktu Tidur Anak Sesuai Dengan Usianya

Semakin berumur seorang anak maka waktu tidur yang dibutuhkannya akan semakin berkurang. Meremehkan waktu tidur yang cukup bisa berdampak buruk. Salah satu dampak yang bisa dirasakan adalah anak yang sering bangun siang, malas dan rewel.

Sebagai orang tua yang baik kamu harus memberikan waktu tidur yang cukup untuk anak. Hal ini wajib dilakukan demi perkembangan di usia pertumbuhan anak. Berikut ini akan diberikan waktu tidur anak yang paling ideal dalam satu hari sesuai dengan usianya.

1. 2 Tahun

Anak usia 2 tahun membutuhkan waktu tidur selama 13 jam sehari. 10 jam di malam hari dan 3 jam di siang hari.

2. 3 Tahun

Anak usia 3 tahun hampir sama dengan usia 2 tahun. Kamu hanya perlu mengurangi jam tdur malamnya yankni 9 jam. Dan tidur siang 3 jam.

3. 4 Tahun

Anak usia 4 tahun sudah tidak menjadi masalah ketika tidak tidur siang. Jam tidur yang diperlukannya yakni 11-12 jam.

4. 5 Tahun

Waktu tidur malam anak usia 5 tahun adalah 10-11 jam. Ketika anak tidur siang, usahakan jangan terlalu lama atau akan mulai kesulitan tidur di malam harinya.

5. Usia 7 tahun

Pada usia ini anak perlu tidur 8-9 jam. Ketika membutuhkan waktu untuk tidur di siang hari diperbolehkan, dalam keadaan ia lelah.

Setelah menginjak usia 11 tahun maka anak akan bebas untuk tidur sesuai dengan aktivitasnya. Kamu harus tetap memperhatikan waktu tidur anak sehingga ia memiliki kualitas tidur yang baik.

Jangan salah. Prestasi anak di sekolah juga banyak dipengaruhi oleh waktu tidurnya. Tak salah jika kamu memberikan kegiatan lebih untuk anak seperti les tambahan dan lainnya. Namun jangan lupa bahwa anak memiliki kebutuhan waktu tidur anak yang lebih banyak.

Cara Membujuk Anak Agar Tidur Tepat Waktu

Banyak pula anak yang ketika ada di masa bermain dan berkumpul dengan temannya ia lupa waktu dan sulit tidur. Dengan banyaknya kejadian ini maka sebaga orang tua kamu perlu cerdas membujuk anak untuk tidur. Berikut beberapa cara untuk membujuknya.

  1. Memberikan dongeng yang disukai anak
  2. Menyanyikan atau memainkan music yang tenang
  3. Mengusap rambut anak
  4. Menemaninya saat tidur
  5. Memberikan pencahayaan yang pas
  6. Tidak membuat kegaduhan
  7. Memastikan bahwa anak tidak dalam keadaan lapar

Cara tersebut dinilai mampu untuk membuat anak tertidur dengan mudah. Mengenal teman dan bermain bersama teman sangat disukai anak di masa pertumbuhan. Jika kamu sebagai orang tua tidak bisa mengendalikannya, anak akan terbiasa bermain dan sedikit tidur.

Tak ada salahnya di jam bermain anak ketika kamu rasa ia perlu istirahat, kamu memanggilnya untuk tidur. Waktu tidur anak harus dipastikan sesuai dengan waktu ideal yang ditentukan. Mungkin jika ia sulit untuk tidur siang, kamu harus pastikan ia tidur cukup di malam harinya.

Itulah waktu tidur anak paling ideal untuk kamu ketahui. Selain waktu tidurnya kamu juga perlu mengetahui cara menidurkan anak dengan cepat. Cukupi kebutuhan tidur anak agar ia tumbuh kembang dengan baik.

Baca juga : Merawat anak autis jangan asal-asalan!

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!