Wisata Kota Solo, Inilah Destinasi Seru yang Wajib Kamu Jelajahi!

Setiap kali mendengar tentang wisata kota Solo, pasti yang terlintas di otak kita adalah destinasi wisata budaya dan kulinernya yang terkenal murah dan lezat. Kalau kamu belum tahu kota Solo, kota ini adalah salah satu kota kecil di jawa tengah. Kota Solo hanya memiliki luas wilayah sebesar 44 km2 saja dengan jumlah penduduk sebanyak lebih dari lima ratus ribu jiwa.

kota Solo memang terkenal dengan nuansa budaya kejawen yang cukup kental. Hal ini ternyata menjadikan daya tarik tersendiri bagi kota yang berbatasan dengan kabupaten karanganyar di sebelah timur ini. nah, bicara soal destinasi wisata kota Solo yang seru untuk dikunjungi, berikut beberapa tempat yang wajib banget kamu datangi ketika singgah di kota Solo.

Ikon Wisata Kota Solo, Keraton Kasunanan Surakarta

Kamu wajib banget untuk datang ke kraton kasunanan Surakarta saat sedang berwisata kota Solo. Bangunan yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 ini pun masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sltan Pakubuwana, selain difungsikan juga sebagai museum budaya.

Kamu bisa menyaksikan sejarah kota Solo sembari menikmati kemegahan bangunan lawas yang masih kokoh berdiri sampai saat ini. kamu juga bisa melihat berbagai peninggalan khas keraton yang ditata rapi di dalam museum. Selain itu ada juga berbagai macam hadiah yang diberikan kepada kraton kasunanan Surakarta lho!

Pingin Wisata Santai di Taman, Coba Kunjungi Taman Balekambang

Destinasi wisata yang satu ini cocok buat kamu yang suka dengan suasana asri dan dikelilingi pepohonan. Taman Balekambang berlokasi di jalan Ahmad Yani, Manahan, Solo dan memiliki luas kurang lebih lima hektar. Ini memang sangat cocok dijadikan destinasi wisata seru, apalagi bersama keluarga.

Taman Balekambang tebagi menjadi dua area utama. Pertama ada area Partinah Bosch yang merupakan tempat tumbuh berbagai macam tanaman langka seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang dan masih banyak yang lainnya. Area ke dua adalah area Partini Tuin yang merupakan area kolam luas dengan perahu yang bisa kamu sew ajika ingin berkeliling.

Selain menikmati sejuknya udara di taman Balekambang, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa jenis hewan yang sengaja dilepaskan. Beberapa hewan yang ada di taman Balekambang, diantaranya rusa dan angsa. Bagi kamu pecinta reptil, taman Balekambang juga menyediakan area khusus reptile di dekat kolam Partini Tuin.

Pasar Klewer, Surganya Pecinta Fashion

Nah, buat kamu yang hobi banget belanja apalagi belanja baju, pasar klewer hadir untuk emmuaskan hasrat berbelanjamu. Pasar yang terletak di sebelah utara Keraton Kasunanan Surakarta ini memang khusus menjual berbagai macam barang tekstil seperti kain dan baju.

Pasar tekstil terbesar di kota Solo ini dihuni oleh kurang lebih 2000 pedagang. Mereka pun menjajakan berbagai macam barang seperti baju, celana, daster, kaos, hem, kemeja aneka jenis kalin, termasuk kain batik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan pedagang yang menjual baju serangam serta berbagai macam pernak-pernik khas kota Solo lho!

Eh, eh, tenang! Belanja di pasar klewer ga bikin kantong mu jebol kok. Barang-barang yang dijual di pasar klewer dijamin punya kualitas bagus dengan harga miring lho, asalkan kamu pintar memilih barang dan yang pasti tetap waspada ya, karena saking ramenya pasar ini, dikenal juga rawan pencopetan.

Wisata Kuliner di Solo, Coba Datang ke Galabo

Wisata sejarah, sudah. Jalan-jalan di taman, sudah. Belanja baju dan oleh-oleh, sudah. Sekarang giliran wisata kuliner! Kota Solo memang terkenal juga dengan aneka macam kuliner yang lezat dan murah. Sebenarnya, ada banyak sekali destinasi wisata kuliner yang tersebar di penjuru kota Solo, tapi kalau kamu bingung mau kemana, coba deng datang ke Galabo. Lokasinya ada di jalan mayor sunaryo atau tepatnya di depan PGS (Pusat Grosir Solo) dan BTC (Beteng Trade Center).

Ada sekitar 50 stand penjual makanan di sana yang siap memuaskan hasrat kulinermu. Buka mulai pukul 17.00 sampai tengah malam, Galabo selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan.
Semoga bisa membantu kamu yang sudah mengagendakan untuk wisata kota Solo. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Pulau seribu, wisata alam nan indah di utara jakarta

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!