Bumbu Dapur Ada Juga Loh Yang Berfungsi Sebagai Obat!

Saat kita emasak seringkali kita tidak menyadari adanya obat – obatan pada stok bumbu dapur kita. Namun, setelah ditelisik ternyata masing – masing bumbu yang ada di dapur memiliki fungsi masing – masing bagi kesehatan.

Daftar Bumbu Dapur yang Bisa Dijadikan Obat

Nah. Maka dari itu, sebaiknya Bunda selalalu menyediakan stok bumbu yang lengkap, karena selain untuk memasak bisa jadi sewaktu – waktu dapat digunakan sebagai obat. Oke Bun, apa saja sih bumbu yang bisa dijadikan obat? Baca di bawah ini!

1. Lengkuas

Sekilas, lengkuas jarang kita gunakan karena penggunaannya hanya untuk masak jenis tertentu saja. Namun, siapa tahu kalau lengkuas itu bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti panu dan semacamnya? Wah,, masa sih? Yup betul! Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cuci bersih, potong lalu gosokkan pada panu atau penyakit kulit tersebut.

2. Jahe

Jahe memang sudah tidak asing lagi jika bumbu dapur ini merupakan tanaman obat yang paling dicari. Fungsinya sendiri telah diketahui dapat meredakan masuk angin.

3. Kunyit

Selain sebagai bumbu masakpenghilang bau amis pada olahan ikan, si kuning ini ternyata juga bermanfaat untuk meredakanan sakit perut, meredakan nyeri haid dan membuat darah haid tidak berbau amis.

4. Kencur

Kencur merupakan bumbu yang biasa digunakan untuk membuat sayur bening. Selain untuk bumbu kencur ini dapat digunakan untuk meredakan perut kembungbaik digunakan secar dibalurkan maupun diminum. Kencur juga bisa mengatasi masalah tenggorokan loh!

5. Bawang putih

Nah, bumbu yang satu ini selain membuat masakan menjadi gurih ternyata manfaatnya banyak banget. Apa saja? Penyembuh bisul agar cepat kempes, menyembuhkan sariawan dengan dioleskan, melancarkan BAB, sebagai antibiotik alami, daan masih banyak lainnya.

6. Bawang merah

Meredakan panas pada bayi. Ya bawang merah ternyata memiliki fungsi untuk meredakan padas pada bayi. Cranya yaitu dengan di parut lalu dibalurkan di sekitar tulang belankang. Namun harus dicampur minyak zaitun agar rasa panasnya tidak menimbulkan iritasi di kulit bayi.

7. Ketumbar

Ketumbar baru – baru ini telah diteliti dapat menyembuhkan penyakit jantung. Yaitu dengan merendam beberapa butir kemudian meminum air rendamannya.

Wih, hampir semua bumbu dapur ada manfaatnya ternyata ya? Bunda wajib tahu dong yah biar sekalian persediaan P3K. Sebab, mau bagaimanapun obat alami lebih baik ketimbang obat kimia. Jadi saat keluarga ada yang sedang salit ringan, coba deh cari dahulu di sekitar kita sebagai obatnya!

Cara memilih bumbu dapur yang berkualitas baik

Ternyata memilih bumbu masak yang baik sudah menjadi rahasia umum. Sekalipun masih ada juga yang belum tahu. Berikut cara memilih bumbu yanga berkaulitas

1. Pilih yang segar

Kondisi bumbu yang baik adalah masih dalam kondisi yang segar.

2. Pilih yang harum

Bumbu yang beraroma khas atau harum adalah ciri bumbu masih dalam keadaan yang baik serta berkualitas.

3. Pilih yang keras

Untuk menandai bumbu dalam keadaan busuk atau tidak, maka tingkat kekeraan dapat dijadikan patokan. Saat dipencet kok penyok atau lembek berarti bumbu – bumbu ini sudah berkurang kualitasnya.

4. Pilih yang berwarna cerah

Bumbu yang masih bagus kualitasnya belum mengalami banyak perubahan warna. Oleh karena itu, saat membeli bumbu pilihkan yang masih berwarna segar.

Itulah khasiat serta cara memilih bumbu dapuryang berkualitas. Mulai sekarang, yuk gunakan yang alami dahulu untuk atasi masalah kesehatan Bunda. Salam bijasana!!!

Baca juga : Khasiat jus seledri untuk tubuh ternyata semacam ini!

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!