Diet Pra Menikah, Persiapan Matang Menjelang Hari Bahagia

Sebelum meikah tentu kamu akan sibuk sekali mengerjakan segala sesuatu. Pasalnya, persiapan menikah memang sangat banyak. Mulai dari gaun, catering hingga lokasi acara semua perlu dipersiapkan dengan baik. Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan adalah kondisi tubuhmu. Usahakan agar kamu tetap prima saat acara pernikahan mu dilangsungkan. Nah, untuk menjaga kesehatan tubuhmu kamu bisa melakukan diet pra menikah.

Sering kali, saat menjelang pernikahan kebanyakan orang akan enggan untuk makan. Alasannya karena kamu ingin menjaga tubuhmu tetap prima saat tiba hari H. Namun, sering kali pula tindakan tersebut merugikan karena kebanyakan orang melakukannya dengan ekstrim. Akibatnya, saat tiba hari pernikahan, mereka pun jatuh sakit. Nah, kamu gak mau kan pernikahanmu rusak hanya karena hal sepele semacam itu.

Sebenarnya, tidak ada diet yang instan. Semua proses diet membutuhkan proses panjang untuk membuahkan hasil. Namun, kamu masih bisa melakukan cara berikut ini untuk minimal menjaga tubuhmu tetap prima saat menjelang pernikahan.

Diet pra menikah yang aman

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa sebenarnya dier pra menikah juga perlu dilakukan jauh-jauh hari apabila kamu ingin hasil yang maksimal. Namun, jika terpaksa kamu harus melakuka diet ketika mendekati hari pernikahan, kamu bisa melakukan hal-hal berikut untuk menjaga performa tubuhmu tetap prima.

1. Hindari makanan berkalori tinggi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika menjalani diet pra menikah adalah menghindari makanan berkalori tinggi, tetapi miskin zat gizi. Biasanya jenis makanan ini adalah makanan yang mengandung banyak lemak dan gula seperti halnya snack ataupun jenis makanan ringan lainnya. Makanan jenis ini akan membuatmu justru semakin gemuk menjelang pernikahan.

2. Pilihlah makanan praktis

Maksud makanan peraktis disini bukanlah makanan cepat saji ya. Makanan praktis yang dimaksud di sini adalah makanan yang diolah menggunakan bahan yang familiar dengan cara yang mudah. Beberapa contohnya seperti makanan berbakan wotrel, tomat, tahu, tempe, daging ayam, dan lain sebagainya yang diolah menggunakan teknik sederhana aeperti direbus, ditumis ataupun digoreng.

3. Jangan lupakan buah dan sayur

Buah dan sayur sangat baik dikonsumsi, terutama bagi kamu yang sedang melakukan persiapan menikah. Kandungan serat yang ada dalam buah dan sayur akan membuatmu lebih tahan lapar sehingga kamu bisa mengatur jumlah kalori yang masuk dalam tubuhmu. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur juga berperan penting dalam proses metabolisme tubuh.

Keberadaan vitamin dan mineral dalam tubuh akan membantu meningkatkan metabolisme, sehingga pembakaran di dalam tubuh pun menjadi lebih optimal. Selain itu, vitamin dan mineral juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu. Dengan demikian, tubuhmu pun akan tetal vit dan bugar saat tiba hari bahagia.

4. Minum air putih

Saat melakukan diet, kamu harus menghindari masukan kalori yang berlebih. Biasanya, kebeihan kalori ini didapatkan dari minuman yang kamu konsumsi. Hal ini sering dilupakan hingga tanpa sadar, tubuhmu pun makin melar.

Agar kamu terhindar dari asupan kalori yang tidak diinginkan, sebaiknya gantilah minuman yang kamu minum debgan air putih. Air putih tidak mengandung kalori sama sekali sehingga aman bagi kamu yang sefang menjalankan program diet.

5. Buat perencanaan

Agar lebih terorganisir dengan baik dan asupan makan mu pun tidak berselisih terlalu jauh tiap harinya, kamu bisa membuat perencanaan menu selama 10 hari. Hal 8ni dilakukan agar kamu tidak cepat mengalami kebosanan ketika sedang diet.

6. Olahraga rutin bisa sangat membantu

Kunci sukses diet pra menikah mu adalah olahraga. Walaupun kamu sudah memangkas asupan mu seminimal mungkin, tetapi kamu tidak berolahraga maka hasil yang kamu dapatkan tidak akan maksimal. Selain itu, dengan berolahraga tubuhmu pun akan terasa bugar saat tiba hari pernikahan. Kamu pin akan terhindar dari perasaan stress saat sering berolahraga.

Terapkan pola hidup sehat

Menjelang pernikahan, kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali tekanan saat melakukan persiapan menikah. Oleh karena itulah, jauh hari sebelum pernikahan dilangsungkan alanfkah baiknya jika kamu menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kondisi tubuhmu.

Nah, itulah beberapa hal tentang diet pra menikah yang aman. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Olahraga lari, bermanfaat tapi jarang diminati masyarakat

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!