Langkah Sukses yang Harus Diterapkan Jika Ingin Berhasil

Sukses merupakan impian banyak orang. Namun, tidak semua dapat mencapainya. Mengapa demikian? Karena banyak orang tidak tahu langkah sukses yang tepat dan siap menjalaninya. Selain itu, definisi sukses menurut sebagian orang adalah sukaes finansial. Jadi, kesuksesan hanya diukur dari harta atau materi yang banyak.

Pengertian Sukses dan Macam-Macam Sukses

Sukses sebenarnya keberhasilan mencapai tujuan. Jika Anda saat ini belajar menempuh ujian, maka disebut sukses dengan memperoleh nilai bagus. Sementara, jika tujuan Anda saat ini mempunyai anak yang shaleh, mungkin ukuran suksesnya adalah anak yang rajin ibadah.

Oleh karena itu, sebelum mengetahui langkah sukses Anda harus mengetahui macam atau jenis kesuksesan seperti di bawah ini.

1. Sukses Spritual

Sukses spiritual tentunya keberhasilan dalam mencapai target rohani. Bagi Anda yang muslim, termasuk sukses jika dalam bulan Ramadhan dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan ditambah ibadah sunah lain. Dapat pergi menunaikan ibadah umrah juga pertanda sukses secara spiritual.

2. Sukses Finansial

Untuk sukses finansial ini sudah diuraikan sedikit di atas. Sukses jenis ini yang paling menjadi ukuran masyarakat Indonesia. Seseorang dikatakan sukses jika mempunyai rumah bagus, mobil mewah, gawai dengan teknologi tercanggih, dan lain-lain. Ukuran ini membuat orang tidak menghargai jenis sukses lain.

3. Sukses Kesehatan

Sukses kesehatan biasanya diukur dari orang yang sedang sakit. Orang yang mempunyai sakit diabetes dan berhasil berdiet menurunkan kadar gula dalam darah sehingga lebih sehat dikatakan sukses secara kesehatan.

4. Sukses Keluarga

Sukses keluarga umumnya menjadi impian setelah sukses finansial. Perbedaan keduanya juga sangat tipis. Keluarga yang dipandang sukses dalam masyarakat, yaitu yang dapat mengantarkan anak-anaknya hingga mandiri. Ukuran anak mandiri rata-rata adalah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, punya keluarga, rumah bagus, dan seterusnya.

5. Sukses Sosial

Setiap manusia sebenarnya butuh pengakuan lingkungan sosial, keluarga atau yang lebih besar. Jika Anda dapat aktif dan disegani atau menjadi tokoh masyarakat, berarti Anda sukses secara sosial.

Langkah Sukses yang Wajib Dilakukan

Sukses tidak terjadi dengan sendirinya. Sukses memerlukan proses yang cukup panjang. Proses ini yang sulit diikuti sebagian orang sehingga tidak banyak yang berhasil.

Beberapa langkah sukses yang diterapkan dan dijalankan banyak tokoh terkenal, antara lain:

1. Dream

Anda harus mempunyai impian besar untuk sukses, bukan hidup mengikuti air mengalir. Impian ini yang kemudian memotivasi dan menjadi tujuan hidup. Contoh sederhana, siswa yang berada di tingkat tertinggi level sekolahnya. Dia ingin melanjutkan ke sekolah favorit. Sekolah favorit merupakan impian, meski kemampuannya saat ini biasa saja.

2. Plan

Plan atau rencana adalah langkah selanjutnya dari sukses. Bedanya pemimpi dan orang yang berhayal adalah rencana. Penghayal hanya mempunyai angan-angan. Dia ingin semuanya terwujud tanpa usaha.

Sementara orang yang bermimpi akan merencanakan langkah agar impian terlaksana. Pada contoh di atas, siswa akan membuat jadwal belajar sebaik mungkin.

3. Action

Akankah impian siswa menjadi kenyataan jika rencana belajarnya selalu ditunda dengan berbagai alasan? Tentu saja tidak. Setelah rencana, harus ada action atau eksekusi atau pelaksanaan. Action harus dilaksanakan sesuai rencana yang sudah dibuat.

4. Pray

Dream, plan, dan actionnya sudah terlewati. Semua hal sudah diusahakan. Selanjutnya serahkan hasilnya pada Tuhan yang Maha Esa. Yakinlah, bahwa Tuhan melihat usaha Anda dan akan memberi banyak kemudahan. Tuhan akan mengabulkan semua permintaan hambanya yang berdoa.

So, apalagi yang Anda haruskan setelah langkah sukses di atas? Konsisten jawabannya. Usaha alias actionnya dan doa harus dilakukan terus menerus karena tidak ada kesuksesan yang instan. Yang terpenting, syukurlah setiap pencapaian yang Anda peroleh. Itu merupakan tangga menuju puncak. Sukses adalah langkah awal menuju keberhasilan selanjutnya.

Salam sukses

Baca juga : Belajar disiplin bisa dimulai dari hal sederhana loh!

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!