Merawat Rambut Berhijab, Ikuti Langkah Berikut Guys!

Rambut adalah mahkota bagi setiap kaum hawa, tak terkecuali bagi kamu yang berhijab. Oleh karena itulah wajib hukumnya bagi setiap kaum hawa untuk merawat mahkotanya. Nah, bagi kamu yang berhijab, seringkali mengabaikan soal perawatan rambutnya lantaran merasa bahwa rambut telah terlindungi oleh hijab. Namun, pada kenyataannya kamu tetap harus merawat rambut berhijab mu lho.

Memang benar bahwa menggunakan hijab dapat melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari, debu dan polusi secara langsung. Nanun, tanpa disasari ternyata ada ancaman kesehatan rambut lainnya yang kemudian akan muncul. Pasalnya, di dalam hijab tambutmu juga mengalami kondisi yang berbeda dibandingkan rambut yang tidak berhijab.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi rambut berhijab mu dari kerusakan

Saat merawat rambut berhijab, kamu harus pandai memilih bahan hijabmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih bahan hijab yang akan kamu gunakan. Hal ini penting karena bahan hijambu sangat mempengaruhi kondisi di dalam nya.

Kamu harus memastikan bahan hijabmu memungkinkan ubtuk terjadinya sirkulasi udara yang baik. Dengan demikian, rambut mu pun akan lebih leluasa untuk bernapas. Sebaiknya, kamu memiluh bahan hijab yang terbuat dari serat alami seperti kain katun. Kain dengan serat alami juga dianggap lebih lembut sehingga aman ketika bergesekan dengan permukaan rambut.

Namun, jika kamu lebih menyukai kain berbahan sintetis seperti nylon dan polyester, maka pastikan untuk melapisinya dengan dalaman jilbab agar tidak terjadi gesekan langsung dengan permukaan rambut.

Pastikan rambut kering

Rambut yang basah akan menjadi lebih sensitif dan sangat rentan rusak. Maka, pastikan rambutmu benar-benar kering ketika kamu akan mengikat maupun menggunakan hijab. Mengungkep rambut yang basah di dalam hijab terlebih dalam waktu yang lama akan meningkatkan risiko kerusakan rambut dan timbulnya ketombe.

Sebaiknya, jika kamu tergesa-gesa segeralah keringkan rambutmu menggunakan hair dryer. Namun, langkah terbaik nya tetap mengeringkan rambutmu secara alami. Jangan sampai melewatkan cara merawat rambut berhijab yang satu ini.

Gunakan shampoo khusus

Rambut yang berhijab cenderung mudah lepek karena lembab dan berminyak. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan shampoo khusus bagi rambut sensitif yang berbahan ringan untuk merawat rambut berhijab. Dengan demikian, rambut pun tidak banyak terpapar bahan kimia sehingga lebih sehat.

Selain itu, menggunakan shampoo jenis ini juga membuat rambutmu terhindar dari ketombe penyebab rambut rontok.

Namun, perlu diingat walaupun rambut berhijab sangat mudah berminyak, sebaiknya tidak menggunakan shampoo setiap hari karena justru akan mengurangi kelembapan rambut. Sebaiknya gunakan shampoo dua hari sekali.

Gunakan masker rambut

Agar rambut berhijabmu tetap kuat, kamu bisa menggunakan masker rambut secara rutin seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan masker rambut komersil yang dijual di pasaran. Atau, kamu juga bisa membuatnya sendiri menggunakan berbagai campuran minyak alami seperti minyak zaitun, minyak almon ataupun minyak kemiri. Namun, jika kamu adalah orang yang sangat sibuk, maka kamu juga bisa menyerahkan perawatan rambutmu pada ahlinya di salon kecantikan. Cara merawat rambut berhijab penting kamu lakukan.

Gerai rambut sesekali

Bagi kamu yang berambut panjang, menggunakan hijab sudah pasti kamu mengikat rambutmu. Namun, jangan biarkan rambutmu dalam keadaan terikar sepanjang hari. Saat kamu telah berada di rumah atau di kamar, sebaiknya gerailah rambutmu dan beri pijatan pada kulit kepala untuk melancarkan peredaran darah.

Potong rambut

Perawatan rambut yang sangat disarankan bagi kaum hawa, terutama bagi yang berhijab memotong rambutnya tiap 4 minggu sekali. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan ujung-ujung rambut bercabang karena kering. Bagi kamu yang suka rambut panjang, tak perlu memotong terlalu banyak kok, cukup ujungnya saja.

Jadi, sebenarnya merawat rambut berhijab itu mudah kan? Maka, rawatlah mehkotamu sebaik mungkin agar tetap indah, kuat dan sehat. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Rambut rontok mempengaruhi percaya dirimu, ini cara mengatasinya!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!