Tips Menghilangkan Stres dengan Cepat, Wajib Anda Ketahui

Zaman semakin berkembang pesat. Pekerjaan dan kehidupan juga berlalu dengan cepat. Wajar, jika suatu saat ada rasa tidak nyaman muncul, mulai dari yang ringan hingga menggangu secara fisik dan psikologis. Gejala tidak nyaman yang Anda alami sering disebut sebagai stres. Suatu kondisi yang jika tidak segera diatasi akibatnya akan bertambah buruk. Anda harus mengetahui tips menghilangkan stres dengan cepat.

Gejala Stres

Ketidaknyamanan yang dirasakan saat stres terkadang tidak Anda sadari. Sebelum mengetahui tips mengatasi stres, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu gejala berdasarkan tahapannya di bawah ini.

1. Tahap Awal

Ketika Anda menghadapi lingkungan baru atau melakukan sesuatu yang baru ada rasa tidak nyaman. Ini pertanda stres tingkat awal. Anda berkeringat dingin ketika tampil di depan umum, misalnya. Pada tahap ini stres tidak akan berpengaruh. Biasanya Anda akan dengan cepat mengatasinya.

2. Tahap Kedua

Anda marah, sedih, kecewa, dan putus asa terhadap sesuatu menjadi tanda stress tingkat kedua. Namun, pada tingkatan ini stress tidak berpengaruh secara fisik. Sekali lagi, stress dapat diatasi.

3. Tahap Ketiga

Jika stres awal tidak diatasi dengan baik, selanjutnya Anda dapat menunjukkan gejala tahap ketiga. Anda merasa susah tidur, tidak nafsu makan, dan lain-lain Stres sudah mempengaruhi Anda secara fisik.

4. Tahap Keempat

Tahap ini stres sudah berkembang ke arah depresi. Tidak hanya sakit fisik yang dirasakan tetapi juga gairah hidup sudah tidak ada.

5. Tahap Kelima

Tahap kelima, stress dicirikan dengan keputusasaan yang sangat dalam. Anda harus segera mendapat pertolongan dokter.

Tips Menghilangkan stres Dengan Cepat

Setelah mengetahui ciri dan gejala stres , agar tidak berkelanjutan Anda harus segera mengatasi. Cara mengatasi stress dengan cepat mudah dapat diikuti dengan langkah berikut.

1. Olahraga

Tips menghilangkan stres pertama adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan mood dan meningkatkan produksi hormon endorphin (hormon bahagia). Selain itu, olahraga dapat menyalurkan pikiran-pikiran negatif secara sehat. Olahraga yang paling cocok untuk tips mengatasi stres adalah lari dan olahraga pernapasan, seperti yoga.

2. Meninggalkan Gawai Beberapa Saat

Cobalah untuk tidak memainkan gawai beberapa saat sebagai cara mengatasi stres. Bagi orang yang bekerja, gawai menjadi penyebab stres. Misalnya, mereka terus menerus melihat email yang masuk dan sosial media. Ini akan meningkatkan kekhawatiran dalam diri.

3. Mengurangi Konsumsi Gula, Kafein, Daging Merah

Banyak orang beranggapan minum kopi akan membuat pikiran lebih tenang. Menurut kesehatan justru kebalikannya. Kafein dalam kopi, gula, dan daging merah akan meningkatkan kadar hormon stres dalam darah. Selain itu, mengonsumsi ketiganya menimbulkan kegelisahan karena jantung berdetak lebih cepat.

4. Relaksasi

Relaksasi merupakan cara mengatasi stres paling cepat. Jika Anda merasa tidak nyaman pada kondisi tertentu, Anda dapat melakasanakan salah satu atau beberapa hal di bawah ini.

  • Menarik napas dalam-dalam secara berulang-ulang selama 10 sampai 20 menit hingga merasa lebih santai.
  • Mendengarkan musik
  • Memijat diri sendiri sambil berpindah posisi duduk atau berdiri.
  • Meditasi, dengan duduk bersila sambil memejamkan dan memikirkan banyak hal yang menyenangkan. Ini dapat Anda lakukan selama 5 samppai 10 menit sehingga merasa lebih santai.
  • Minum teh hangat, lebih bagus lagi dari teh hijau. Mengonsumsi teh akan menurunkan hormon kortisol yang memicu stress dan menurunkan tekanan darah.

5. Minum Air Putih

Saat Anda stres, biasanya fokus atau konsentrasi akan berkurang. Terkadang disertai dengan dehidrasi. Minum air putih akan membuat Anda lebih fokus dan mencegah dehidrasi.

6. Moengonsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin C

Konsumsi cukup vitamin C diyakini akan menurunkan stres. Apalagi jika itu berupa minuman yang dingin dan segar. Meminumnya akan menimbulkan perasaan nyaman. Cara mengatasi stres yang satu ini cukup ampuh.

7. Berendam Air Hangat

Ketika Anda stres dan sampai rumah, Anda dapat berendam air hangat untuk mneyegarkan diri. Jika perlu tambahkan minyak aroma terapi dan musik. Dengan demikian tubuh akan mengalami relaksasi.

8. Istirahat atau Tidur Sejenak

Cara mengatasi stres terakhir adalah dengan beristirahat. Istirahat dan melupakan berbagai masalah yang terjadi sejenak akan sangat membantu. Bagi Anda yang tinggal dan bekerja di rumah, tidur siang selama 15 sampai 30 menit akan membantu menyegarkan pikiran ketika bangun.

Demikian 8 tips menghilangkan stres yang Anda dapat coba. Semoga Anda termasuk orang yang dapat mengelola stres. Salam sehat!

Baca jga : Kata negatif ini akan mempengaruhi pikiran dan hidup anda

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!